Friday, August 7, 2015

E id BPJS Kesehatan error terus..

Beberapa hari terkhir ini saya disibukkan oleh peendaftaran BPJS Kesehatan kantor tempat saya bekerja. Selain ribet, prosesnya cukup memakan waktu, tenaga dan pikiran *lebay
Bebarapa hal yang ingin saya sharingkan adalah sistem pendaftaran BPJS badan usaha melalui edabu yang saya rasa belum cukup siap, terlihat dari adanya pergantian dari edabu lama ke new edabu, tapi dari segi positifnya hal tersebut membuktikan bahwa BPJS Kesehatan terus berusaha memperbaiki sistem yang ada.

Pada proses pendaftaran kali ini saya mendaftarkan dua perusahaan sekaligus, beberapa kali saya bolak-balik ke kantor cabang BPJS kesehatan Jakarta Selatan untuk melakukan perubahan data (mutasi) karena edit data hanya bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan, tidak bisa memalui e dabu. Hal yang paling merepotkan adalah saat akan melakukan pengecekan status peserta yang telah di approved di http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-admin/ selalu saja error, untuk mencetak tagihan dan kartu juga tidak bisa. Selain itu pada saat perubahan data petugas BPJS melakukan kesalahan dalam penginputan kode entitas sehingga tagihan iuran BPJS dua perusahaan tersebut campur aduk. Akhirnya kami ke kantor cabang BPJS kesehatan (lagi) untuk mencetak tagihan iuran BPJS. Untuk mencetak tagihan saya harus mengmbil antrian D, pada antrian ini dikhususkan untuk pendaftaran baru, cetak kartu, cetak tagihan dan informasi lain tentang edabu. Jika mau ambil antrian D bisa datang jam 8 atau jam 9 pagi, karena nomor antrian masih cukup banyak, tidak se ekstrim antrian I untuk mutasi (perubahan data) yang harus ngantri dari jam 6 pagi, karena kalau agak siang dikit pasti sudah kehabisan nomor antrian. 
Nah sesampainya di kantor BPJS Kesehatan saya meminta petugas untuk memindahkan tagihan iuran sesuai dengan perusahaan dimana karyawan bekerja, ternyata petugasnya tidak memiliki wewenang untuk memindahkan tagihan dan saya di arahkan untuk ke bagian keuangan untuk melakukan rekonsiliasi. Oh ya dibagian rekonsiliasi juga ngantri panjang lo, jika mau melakukan rekonsiliasi sebaiknya datang dihari jum'at karena agak sepi dan jangan lupa bawa stempel perusahaan. Nah disitu saya sekalian menanyakan soal link bpjs admin yang selalu error saat dibuka, dan petugas BPJS menjelaskan bahwa link tersebut hanya bisa diakses diatas jam tiga sore, oh pantesan... dari pagi sampe siang nyoba buka sampe keriting juga nggak bisa-bisa *ermm...
Nah bagi teman-teman yang kesulitan mengakses bpjs admin, sebaiknya melakukan pencetakan kartu dan iuran diatas jam 3, nah kalau masih ada kesalahan di tagihan iuran dan mau komplain ke BPJS jangan lupa disave dulu atau di print, karena jangan harap besok sebelum jam tiga sore bisa buka tagihannya lagi di link tersebut.
Oh ya, keluhan lain yang ditanyakan banyak peserta adalah saat mencetak kartu BPJS Kesehatan kartu blank alias tidak muncul nama dan faskes, hal tersebut bisa dikarenakan kita belum mengisi pilihan faskes pada saat penginputan data.

No comments:

Post a Comment