Thursday, May 28, 2020

Beberes itu seni melegakan hati


Hari ini aku menyempatkan diri untuk beres-beres rumah, dan ternyata beres-beres itu melegakan ruang sekaligus melegakan hati. Ruangan yang sebelumnya terlihat sempit ternyata maih ada banyak ruang yang digunakan jika barang-barangnya tertata dengan rapi. Barang-barang yang terlihat bersih dari kejauhan ternyata menyimpang banyak debu yang harus dibersihkan, dan yang terpenting beberapa perabot ternyata banyak yang tak terpakai dan bisa dibuang atau disumbangkan.

Ahh.. ternyata ruangannya masih lega ya.. , itu kesan pertama setelah selesai beres-beres.

Kala dipikir-pikir rumah kita itu hampir sama dengan hati, yang kadang terasa sempit bukan karena hati kita kecil, tapi karena hati kita penuh dengan prasangka negatif, kekhawatiran dan perasaan yang nggak perlu lainnya, perasaan terhadap mantan, misalnya whahahaha

Tapi memang memiliki emosi negatif, perasangka dan kekhawatiran itu melelahkan sekali, menyita waktu dan tenaga.Sehari-hari bawaannya uring-uringan, nggak tenang dan nggak happy. Kalau hal-hal itu nggak diberesin bisa-bisa akan jadi penghuni tetap di diri kita karena akan membentuk karakter, naudzubillah kan?

Mungkin itu kali ya kenapa Allah memberikan satu bulan khusus yaitu bulan Ramadhan kepada hambanya, karena manusia itu butuh berbenah diri setelah memalui sepanjang tahun. Membenahi emosi, membenahi isi perut (pola makan), membenahi harta (zakat),  dan juga membenahi ibadahnya. Kebayangkan gimana kalau orang nggak pernah bebenah, kalau ibarat rumah pasti sempit, sumpek dan nggak nyaman. Yakin deh setelah ramadhan kali ini hati kita semua lebih luas dan lebih nyaman, banyak hal buruk yang telah berhasil kita buang, dan semoga kedepannya kita bisa lebih ketat menyortir hal-hal yang akan masuk ke hati kita agar tetap rapih dan awut-awuran lagi.

Lho ngomongi beres-beres rumah kok malah jadi kemana-mana, hahah

Yowes, aku mau lanjut beberes dulu, menyortir perasaan-perasaan yang nggak terpakai dan membuang kenangan lama yang usang wkwkwkkw

bhaay! Terimakasih sudah bersedia membaca.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts