Tuesday, September 15, 2015

Mancing ide menulis di blog

Memasuki tahun 2015 entah kenapa gairah menulis saya mulai muncul lagi, rasanya banyak sekali hal yang ingin saya tulis dan saya share di blog, entah dibaca orang ataupun tidak, yang penting nulis dan nulis. Tapi yang jelas ini adalah moment langka yang harus segera ditindaklanjuti, kalau enggak... bye..! hilanglah semua ide dan menulispun hanya tinggal angan-angan tanpa jejak *alahhh...
Ngomong-ngomong soal ide nulis, selain datangnya nggak ngomong-ngomong dan perginya pun nggak pamit, ide juga nggak dateng tiap hari, nah makanya saat sang ide dateng segera deh catet, dimana aja, di laptop, di smartphone, di buku, di tisue, kalau tisue nggak ada juga dibungkus gorengan juga jadi. Pokonya catet dulu sebelum sang ide ngambek dan pergi tak kembali. Jika sempet, tulis judul dan poin-poin yang bisa dikembangkan untuk menjadi tulisan yang menarik, jika tidak sempat boleh ditulis judulnya aja. Yang penting tampung dulu semua ide, itung-itung buat stok jika otak sudah mentok dan sudah sepi dari ide. Tulisan tersebut akan berfungsi sebagai pancingan ide, selanjutnya narasi akan mengalir deras diatas keyboard. 

Gambar diambil dari sini

Kadang saya memanfaatkan waktu luang untuk mencari ilham menulis, seperti saat saya sedang di bis perjalanan pulang, saat istirahat kantor, saat ngelonin anak, bahkan saat-saat hetic pun saya berusaha menangkap ide dari lingkungan sekitar. Nah berikut adalah tips-tips memancing ide untuk menulis:

  • Sering-sering baca buku, artikel, berita atau ngobrol sama temen.
    Lebih sering baca berarti lebih banyak pengetahuan baru yang pastinya semakin banyak juga ide yang dapat kita share di blog, bisa dalam bentuk resensi buku, film, novel atau membahas berita-berita kekinian.
  • Perluas pergaulan dengan gabung di group-group blogger.
    Nah, kalo tips yang satu ini emang ampuh banget untuk memancing ide, selain memperbanyak referensi, kita juga dapat sharing ilmu perblogeran dari master-master blogger sehingga menambah semangat kita untuk nulis.
  • Banyak-banyakin blogwalking.
    Berkunjung ke blog orang lain selain menambah teman juga bisa saling barter ide, tapi buka berarti copas lo ya, say no to pagiarism!
  • Pasang mata dan telinga baik-baik, banyak inspirasi disekitar kita jika kita "peka".
    Ide bisa muncul dimana aja, dikantor, di taman, di bis, di jalan, di mushola, di kamar, di dapur, bahkan ditoilet! Pinter-pinter kita aja menangkapnya dan mengemasnya dalam tulisan yang menarik
  • Lampiaskan isi hati kita dengan tulisan yang dikemas apik di blog.
    Lagi galau? lagi happy? nggak masalah, tuangkan semuanya dalam blog, justru dengan mood seperti ini kita lebih banyak hal yang ingin diungkapkan. Tapi ingat, hati-hati ketika sedang kesal, pilih kata-kata sebaik mungkin untuk mengungkapkannya, isi tulisan kita mencerminkan siapa kita.
  • Bawa kamera kemanapun kita pergi, dengan memotret kita juga dapat menangkap ide
    Foto terkadang dapat bercerita tentang suatu momen yang tetangkap, dengan melihat-lihat hasil foto kita, mungkin dapat memberi kita ide segar atau mengingatkan peristiwa menarik yang telah lalu dan dapat kita tuangkan ditulisan.


Nah masih mau bilang susah dapet ide nulis? coba cek deh, mungkin niat dalam hati kita belum sebulat martabak, setinggi nasi tumpeng dan sekuat aroma duren, loh kenapa perumpamaannya makanan semua? maklum, posting sore-sore di jam rawan.. hihihihi

Selamat menulis...


6 comments:

  1. Kadang idenya ada, kembangin tulisannya yg butuh proses lumayan lamaaa.. hihi
    btw, thanks yaah tipsnya, bisa nih diaplikasiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, makanya ditampung aja sulu, ngembanginnya nanti kalau lagi senggang atau lagi mood :)

      Delete
  2. sama ni baru mulai ngeblog lagi padahal dulu sering banget udah kaya diary aja :D
    kalo saya udah banyak judul di draf tapi belum selesai nulisnya hihihihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah niat sih sebenernya untuk nulis cuma perlu waktu 30 menit, tapi ngumpulin niatnya itu lo... bisa 3 bulan hahahah

      Delete
  3. Naah, ini aku lg blog walking dlm rangka nyari ide nulis lho mba, haha, berasa buntu nih akhir2 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha perlu piknik juga kayaknya mbak, biar otak fresh... :D

      Delete

Popular Posts